Selasa, 28 April 2009

Nilai Edukasi dalam Berbusasna Muslim

Nilai-nilai Pendidikan dalam Pensyari’atan Busana Muslimah
ABSTRAK

Busana muslimah merupakan busana yang dipakai khusus oleh wanita-wanita Islam, karena pada dasarnya busana wanita banyak ragamnya hal ini sangat tergantung daerah dan budaya yang berkembang dalam suatu negara. Namun Islam sangat menekankan kewajiban berbusana muslimah sebagaimana yang dituangkan dalam surat An-Nur ayat 31 dan Al-Ahzab ayat 59 yang merupakan landasan kuat bagi wanita muslim diwajibkan memakai busana muslimah.
Berbusana muslimah sebagaimana yang dianjurkan dalam Al-Qur’an dan Hadits sangat ditekankan kepada wanita muslim sejak mulai aqil baligh, namun untuk membiasakan anak gemar berbusana muslimah hendaknya dimulai sejak usia dini, sehingga anak tidak merasa canggung dalam mengenakan busana muslimah keluar rumah ketika merasa sudah dewasa. Di samping itu anjuran berbusana muslimah ini merupakan salah satu pencegahan terhadap terjadinya berbagai pelecehan seksual yang kerap terjadi dewasa ini, di samping itu akan menjaga wanita lebih aman dan tentram ketika keluar rumah dari pengaruh dan gaduan laki-laki asing.
Berbusana muslimah memiliki banyak nilai yang terkandung di dalamnya di antaranya: nilai keimanan, nilai akhlak, nilai ibadah, nilai estetika, nilai kewibawaan serta nilai kedisiplinan sehingga gaung busana ini tidak hanya sebagai kewajiban, namun memiliki daya pesona yang luar biasa bagi wanita.

1 komentar:

Muhajir bin Murlan, M.Ag mengatakan...

Keterbatasan pemahaman kaum muslimah tentang makna bahkan hukum menutup aurat melahirkan bentuk pengmalan keseharian yang beragam. diantaranya tidak jarang dilihat orang membungkus aurat bukan menutup aurat. dengan menampakkan lekuk-lekuk tubuh pada hakiatnya adalah mengundang bahaya membangkitkan nafsu yang tertidur (lelaki). Kalaupun bukan langsung pada yang bersangkutan bisa saja nafsu tersebut menyerang pada kaum wanita lain. trusss kalau gini gimana doooong